Less is More: My Minimum Makeup

, , No Comments
Semakin usia bertambah, rasanya saya semakin concern dengan kondisi kulit, terutama wajah. Dari sisi perawatan saya mulai menambahkan banyak produk anti aging, terutama memasuki usia 30 tahun yang rasanya semakin dekat. Sedangkan dari sisi makeup saya ingin mengurangi menjadi sesedikit mungkin sehingga tidak membebani kulit terus-menerus.

Langkah nyata yang saya lakukan adalah menghilangkan primer dan foundation dalam rutinitas makeup sehari-hari. Biasanya saya dikenal menggunakan makeup yang tergolong 'medok' dikalangan teman-teman saya. Dimulai dari primer, foundation, powder, contouring, blush. Lalu untuk mata saya lengkap menggunakan brow pencil, beberapa jenis eyeshadow, eyeliner dan mascara. Untuk bibir, pilihan saya biasanya jatuh pada warna-warna bold seperti dark plum, ashy brown, dan sejenis. 

Jelas saya sudah membranding diri sebagai makeup-lover dan aneh sekali dimasa-masa awal saya mulai mengurangi makeup. Rasanya wajah terlihat lebih lelah dan noda-noda di wajah sudah jelas terlihat. Siang hari kulit terlihat sangat mengkilap karena tidak ada shield dari primer seperti biasanya. Beberapa produk mulai saya coba otak-atik untuk mendapatkan kombinasi yang lebih sesuai dan akhirnya setelah pas maka proses makeup saya tidak lebih dari 15 menit.

Minimum makeup
THE SAEM ECO SOUL PERFECT COVER PACT
Rp399.000
Senang bisa menemukan The Saem Eco Soul Perfect Cover Pact karena mampu memenuhi kebutuhan mendasar kulit saya tanpa membuatnya terasa berat. Produk ini ditujukan untuk kulit berminyak karena saat pertama kali pemakaian membuat kulit terasa matte namun tentu saja akan menjadi sedikit 'berminyak' dalam beberapa jam dalam tingkat yang terbilang wajar. Artinya bukan wajah yang terlihat kusam, saya hanya perlu menekan-nekan sedikit dengan tisu terutama diarea pipi. 
The Saem Eco Soul Perfect Cover Pact juga sudah dilengkapi SPF 27/PA++ sehingga benar-benar ringkas untuk dibawa. 
Secara coverage terbilang cukup, meningkatkan complexion dengan cara yang terbilang natural. Sedikit noda bukanlah majalah. 

NYX HOT SINGLES EYE SHADOW HS34 RAVEN CORBEAU (Review disini)
Rp80.000an
Andalan saja sejak lama, terutama jika kita tidak membutuhkan super black jet eyeshadow. Karena warnanya tidak intens membuat saya merasa cukup aman menggunakannya sebagai eyebrow powder. Saya tingga gunakan small eyebrow brush dan mengisi bagian pinggir dan tengah alis secara perlahan-lahan. Lalu dengan jari saya ambil sedikit eyeshadow dan baurkan sepanjang kelopak mata untuk memberikan sedikit dimensi. Sampai saat ini saya belum rela mata saya terasa polos tanpa warna. Baru kemudian gunakan brush kembali untuk membuat eyeliner yang lebih tebal sepanjang garis mata atas dan bawah.

CATRICE COSMETIC LUXURY LASHES DRAMATIC VOLUME MASCARA
Rp74.000
Bukan the best mascara, hanya kebetulan ini yang saya gunakan saat ini. Tidak mengecewakan dan terlebih mudah dibersihkan. 

THE SAEM SAEMMUL REAL TINT
Rp119.000
Saya juga meninggalkan full lips technique (padahal terakhir saya sudah membeli cukup banyak lip liner) dan beralih ke gradasi lipstick dengan lip tint. Saya menyingkirkan belasan lipstick yang rasanya tidak akan saya gunakan lagi, membuat laci lebih ringkas dan tidak banyak berpikir ketika bermakeup di pagi hari. Untuk urusan lip tint saya tergolong sangat amatir karena sejak dulu kurang mengikuti makeup Korea. Dari review yang saya baca harusnya saya memulai dari lip tint kepunyaan Tony Moly, namun tampaknya The Saem lebih mudah dijangkau dari tempat saya tinggal. So far bagus bagus saja tidak membuat bibir saya terlihat kering dan cukup tahan lama. Sangat mudah, tinggal gunakan ditengah bibir lalu tekan-tekan hingga gradasinya rapi. 

My daily makeup
Sekarang kulit saya terasa tidak terlalu terbebani dan rasanya tidak perlu membeli makeup baru hingga beberapa waktu ke depan karena makeup lama pun masih cukup. Saya berharap bisa konsisten untuk membeli produk yang benar-benar diperlukan saja, bukan karena trend. Beberapa makeup yang benar-benar disuka sudah tersimpan dengan rapi dan bisa digunakan pada acara tertentu dan tentunya kebutuhan blogging
Kalau begini banyak sekali benefits yang bisa saya dapatkan, baik di kulit, baik di kantong, baik di waktu.  

0 komentar:

Post a Comment