[Review]: Ecotools Custom Coverage Buffing Brush

, , 6 comments
6.8 out of 10
It’s okay

Sudah lama saya menggunakan brush ini sebagai teman bagi liquid foundation. Bukan berdasarkan rekomendasi siapapun, namun ada niatan saat itu untuk mengoleksi produk-produk yang lekat dengan konsep ‘green’ dan cruelty free. Ecotools mungkin salah satu pilihan yang paling dekat dengan tempat tinggal kita dan buffing brush-nya adalah yang paling ingin dicoba.

review-ecotools-custom-coverage-buffing-brush
Review Ecotools Custom Coverage Buffing Brush
Semua komponen dari Ecotools Custom Coverage Buffing Brush mengusung unsur yang ramah lingkungan. Bristles-nya diklaim cruelty-free, dan kita tahu pasti sudah banyak makeup junkie yang concern terhadap hal ini.
Bahkan ferrule-nya terbuat dari recycled aluminium dengan warna tembaga dan cetakan ‘E’ diatasnya. Kemudian handle berasal dari bambu yang menegaskan kembali bahwa ini termasuk brush yang eco-friendly. Anda yang bosan dengan brush berwarna hitam yang beredar dipasaran akan suka dengan design dari Ecotools Custom Coverage Buffing Brush.
Dan satu kelebihan lagi adalah kemasannya sudah merangkap sebagai brush pouch, berguna sekali jika dibawa bepergian sehingga brush Anda tidak akan terkontamintasi debu (atau sisa foundation pada brush justru mengotori barang bawaan Anda).

review-ecotools-custom-coverage-buffing-brush
Handle Ecotools Custom Coverage Buffing Brush dari bambu
review-ecotools-custom-coverage-buffing-brush
Kemasan Ecotools Custom Coverage Buffing Brush dapat dijadikan pouch
Selama digunakan sebagai teman liquid foundation, saya menemukan bahwa bristles-nya tergolong lebih kaku dibandingkan dengan brush pada umumnya yang ada dikoleksi saya. Bukan kaku yang menyakiti wajah, namun tidak bisa dibilang lembut juga. Anda bisa lihat pada gambar dibawah, dengan panjang bristles yang tergolong pendek, brush ini termasuk susah digerakkan pada kelasnya.

review-ecotools-custom-coverage-buffing-brush
Bristles Ecotools Custom Coverage Buffing Brush sedikit kaku
Kenapa produk ini cocok digunakan untuk liquid foundation? Ecotools Custom Coverage Buffing Brush memiliki penampang bristles yang lebih besar dari synthetic brush lain. Ini menjadi salah satu ciri khasnya plus didukung susunan bristles cukup dense sehingga lebih mantap digunakan untuk menutup area yang luas tanpa perlu berkali-kali buffing dan potensi brush meninggalkan jejak garis juga semakin kecil.

Namun ada dampak yang kurang menguntungkan dari brush yang cukup padat ini. Brush sebenarnya mampu menangkap produk dengan baik namun kemudian liquid foundation lebih banyak terperangkap ke bagian dalam brush. Pertama, pemakaian produk cenderung lebih boros jika saya sedang menggunakan Ecotools Custom Coverage Buffing Brush padahal belum mencapai tingkat coverage yang saya inginkan. Harus berkali-kali mengambil produk, buffing, ambil lagi, buffing lagi. Begitu seterusnya.
Kedua, tentu saja lebih sulit dibersihkan. Jika biasanya saya perlu mengulang dua kali untuk membersihkan buffing brush dengan sabun, maka khusus untuk item ini bisa tiga hingga empat kali karena sisa foundation masih ada saja di dasar brush. Saya anjurkan pakai bantuan sedikit minyak untuk memastikan semua foundation meleleh terlebih dahulu baru diselesaikan dengan sabun. Jauh lebih efektif.

review-ecotools-custom-coverage-buffing-brush
Struktur Ecotools Custom Coverage Buffing Brush cukup dense
Setelah satu tahun menggunakan Ecotools Custom Coverage Buffing Brush, saya merasa kondisinya masih sama seperti ketika pertama kali saya beli. Tidak pernah saya melihat ada bristle yang rontok (at least dari apa yang mata saya dapat tangkap). Bahkan banyak testimoni mengungkapkan mereka menggunakannya lebih dari tiga tahun dan masih sangat bagus. Berkali-kali cucipun kondisi dan bentuk brush akan kembali seperti semula. Contoh kualitas yang sangat baik untuk produk seharga Rp149.000.

Apakah saya suka? Ya tentu. Terobsesi? Tidak juga. Kembali lagi saya bilang, jika Anda pendukung produk yang mencantumkan ‘cruelty-free’ atau ‘eco-friendly’ maka layak dicoba yang satu ini. Mudah ditemukan juga di Indonesia (semacam Matahari, Sogo, Tammia Store, Guardian, dll) tanpa perlu membeli online.

Perbandingan rating:
ww.makeupalley.com 4.6/5


Disclaimer:
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang.

6 comments:

  1. Waaaaah brush mu kayanya vanyak banget ya tan buat buffing ginian 😁 aku buffing brush cuma punya dr RT sama CS. Teracuni juga sih sama review mu.. cuma masih ditahan2 dulu. Wkwk, lagian akhir2 ini aku sukaan pake sponge nya RT tan :D


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ga banyak juga, paling cuma 4 dan aku memang ga telaten aplikasiin foundation kalau bukan dengan buffing brush

      Delete
  2. Large Powder Brush ku yang dari Ecotools suka rontok kalau dicuci. Jarang sihh hehe. Mungkin akunya sih ya yang terlalu kasar ngebersihinnya hahaha. Nice review, kaa. Salam kenal! :)

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
  3. Wah racun lagi nih, paling nggak nahan kalo ada tulisan tentang makeup brushes langsung impulsif pengen beli hihi

    -Lily Kanaya
    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini so-so sih, tapi lumayan nambah koleksi buffing brush :)

      Delete