Saving on Your Beauty Budget: Berburu Unbranded Brush

, , 24 comments
Jika kita baru belajar makeup, mungkin salah satu yang menjadi kebingungan kita adalah item mana yang harus kita invest (splurge) dan mana yang bisa kita hemat (steal). Rasanya ingin sekali membeli semua item high end, namun selain tidak ramah di kantong, beberapa item yang berharga murah ternyata bisa saja memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan. Disini kita harus cerdas-cerdas memilih.

Salah satu item yang bisa membuat saya menurunkan biaya makeup adalah dari sisi brush. Lupakan sejenak Sigma, Bobbi Brown, Morphe, Sonia Kashuk atau bahkan brush middle segment seperi Real Techniques karena beberapa waktu lalu saya berburu beberapa jenis brushes tanpa brand yang ternyata kualitasnya bisa diandalkan. Saya pikir, semahal apapun brush yang kita gunakan, selama kita memang belum mahir memainkan makeup, maka hasilnya tidak akan lebih baik. Saya tidak bilang saya mahir (cek beberapa postingan saya, dan Anda akan segera tahu kalau saya masih belajar), tapi dengan peralatan ber-budget rendah tersebut membuat saya semakin semangat berlatih tanpa terbebani masalah keuangan. 

Problem utama kita memilih brush terlebih secara online adalah, apakah kualitas bristlenya cukup bagus? Lembutkah? Kasarkah? Cepat rontok kah? Bagaimana setelah dicuci? Apakah menjadi kasar? Apakah bisa menangkap produk dengan baik? Apakah ukurannya pas? 
Untuk memastikan hal tersebut saya harus 'ber-googling' ria menjelajah beberapa situs online yang menjual berbagai peralatan makeup produksi China. Beberapa yang saya rekomendasikan adalah situs seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak karena pilihan mereka yang sangat beragam, bahkan beberapa dikirim langsung dari luar negeri. 
Saya perhatikan gambarnya baik-baik sambil membayangkan bagaimana aslinya jika dipegang (well meskipun tidak jarang kualitas foto dan aslinya berbeda jauh), crosschek harganya, dan paling penting lihat review pembeli lain karena pengalaman mereka sangat membantu.  

Unbranded Brushes untuk menghemat beauty budget
Dari situ akhirnya saya memutuskan membeli tiga paket dengan total 13 jenis brushes. Semuanya sudah melengkapi kebutuhan peralatan makeup yang saya gunakan sekari-hari, mulai dari foundation hingga eyeshadow

Bamboo Handles with Synthetic Bristles Professional Makeup Brush Set
Rp129.000

Dari dulu saya selalu membeli brush satuan karena beberapa pengalaman yang saya baca, brush yang berlebihan justru lebih sering tidak digunakan. Selain itu saya takut jika kualitasnya tidak standar antara satu brush dengan yang lain (berbeda jika saya memang membeli satuan). Namun melihat produk ini saya pastikan betul bahwa semua jenisnya memang saya butuhkan. Handle-nya yang terbuat dari bambu membuatnya terlihat klasik dan tidak murahan. Meskipun beberapa bristle mencuat, namun saya tidak keberatan untuk memotongnya sedikit demi sedikit. 
Brushes ini datang dengan hanya berkantong kain dengan bau seperti bahan kimia. Segera saya cuci sekitar tiga kali berturut-turut untuk memastikan wajah saya aman. Beres setelah itu.

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Bamboo Handle Brush Set : Face
Dari deretan face brushesnya, foundation brush adalah favorit saya. Bristlenya lembut dan membuat foundation apapun seperti flawless. Padahal biasanya saya kurang suka menggunakan brush sepert ini untuk liquid products dan lebih senang dengan buffing brush.

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Bamboo Handle Brush Set : Face
Karena tidak ada panduan/keterangan produk, maka penggunaan brushes ini memang menjadi 'suka-suka gue'. 
Baby Flat Top - Cocok untuk travelling dan lebih sering saya gunakan untuk powder.
Long Handled Kabuki - Bristle sedikit terlalu panjang dan less-dense. Berguna untuk setting powder karena bisa menjangkau area yang luas.
Dome Blush Brush - Multi-function brush. Sering juga saya bawa di makeup pouch, karena selain untuk blush, bisa juga untuk powder dan bronzer atau blend contour.
Foundation Brush - Mampu menangkap dan meratakan produk dengan baik dengan synthetic bristle tanpa meninggalkan garis-garis foundation.
Flat Top Brush - Idealnya mungkin flat top brush lebih banyak untuk liquid product, namun karena lagi-lagi tidak terlalu padat maka brush ini berakhir untuk mengaplikasikan mineral powder foundation.

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Bamboo Handle Brush Set : Eyes
Masuk ke eyeshadow brushes.
steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Bamboo Handle Brush Set : Eyes

Oval Concealer Brush - Perfect untuk concealer, terutama jika Anda membutuhkan concealer untuk area yang luas.  
Eye Blending Brush - Ukurannya memang sedikit lebih besar untuk mata saya yang tergolong kecil.
Angle Brow Brush - Favorite tool yang saya miliki untuk menggambar alis.
Dome Blending Brush - Cocok untuk mengaplikasikan transition eyeshadow di daerah crease.
Eye Kabuki Brush - Actually lebih sering saya gunakan untuk menggaris contour product di daerah pipi ataupun dahi yang kemudian dilanjutkan brush lain untuk blending. Ukurannya terlalu besar untuk kelopak mata saya.
Eye Smudge Brush - Jika Anda ingin membuat smokey eyes, aplikasikan sedikit eyeshadow hitam lalu buat sedikit berantakan dengan brush ini. Sempurna!

LALANG Women Makeup Brush Puff Black
Rp45.000

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Oval brush (unbranded)
Tidak boleh ketinggalan dengan oval brush namun sungguh tidak mungkin membeli Artist Brush, akhirnya coba-coba dulu dengan produk ini. Hemm... tidak terlalu favorit, selain karena belum terbiasa, saya tidak terlalu terpesona dengan kualitas bristle yang sedikit kasar. Oval brush ini juga sangat padat sehingga sulit membersihkan sisa-sisa foundation disela-sela bristle. Perlu berulang-ulang kali diratakan untuk memastikan kita tidak meninggalkan jejak garis-garis foundation. Selain itu tidak direkomendasikan juga untuk pemilik kulit sensitif ataupun berjerawat karena tekstur brush lumayan abrasif untuk permukaan kulit.
Namun siapa peduli, Rp45.000 sudah membuat saya merasakan pengalaman trend terbaru dalam dunia makeup.

Buytra Face Makeup Brush Foundation Brush
Rp61.000

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Big White Foundation Brush
Saat memutuskan membeli brush ini, saya membayangkan akan memiliki satu brush ekstra besar untuk wajah saya sehingga dengan hanya beberapa kali pengaplikasian maka wajah sudah tertutup sempurna. 
Namun setelah datang terus terang ternyata ukurannya tidak seperti yang saya bayangkan. Cukup kecil meskipun secara diameter brush memang lebih besar daripada foundation brush kebanyakan. Selain itu beberapa bristle tampak mencuat yang membuat saya mengambil gunting untuk menyingkirkannya satu per satu. 
Syukurnya secara kualitas brush ini terbilang bagus, cukup halus dan membuat foundation cepat rata. Termasuk salah satu foundation brush yang saya suka dan membuat waktu bermakeup menjadi lebih singkat.

steal-makeup-brush-set-unbrand-budget-beauty-oval
Big White Foundation Brush memiliki diameter besar
Saya masih terus berburu unbranded brushes lain, terutama sekali brush dengan model yang 'aneh-aneh' karena syukurnya hingga sekarang basic brushes saya sudah terpenuhi mulai dari wajah, mata, dan bibir. Mungkin dari Anda ada masukan brush yang harus saya coba?

24 comments:

  1. Uwaaa gemezz ngliadny 😍 apalagi yg big white nya

    ReplyDelete
  2. makasi mba infonya :) menarik sekali.
    kebetulan lg pengen ganti brush kit,
    sejauh ini masami shouko msh favorit saya nih walau sedikit lebih mahal
    tapi awet wet wet wet !
    hehehe

    maju terus mba blognya!!

    ReplyDelete
  3. Tan, iya yaa.. keliatan kalo di foto ada beberapa bulu yang mencuat keluar. Ah, tak apalah. Yang penting asih tetep bagus buat dipake :D

    Aku belom pernah coba oval brush, tan --" kayanya bakal sama kayak kamu. masih kikuk pakeknya


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hemat segitu mah ga pa2 disuruh gunting2 juga

      Delete
  4. waaaaaa, aku juga pakai yang bamboo mbaaaa, pernah aku review di blog juga hehe. waktu itu aku dapet cuma 70ribuah hehehe.
    Penasaran sama yang gede putih itu deh ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh murahnya.. yang gede bagus tuh mba

      Delete
  5. Yang putih bisa dijadiin. Hyat contour gak yah? :D
    Apa kekeculan ? :/

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku masih kekecilan ya. Aslinya ga terlalu gede ko

      Delete
  6. Aku juga pakai yang bamboo handle brush set nya dan pas itu dapet harganya 69ribu! Murah banget, gak nyangka ternyata kualitasnya bagus. Kebetulan pengen nyobain oval brush juga, jadi pengen nyobain yang merk lalang deh :)

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba explore yang lain deh Rani. Soalnya yg Lalang ga terlalu ok menurut ku

      Delete
  7. Kupikir yang Bamboo itu kuasnya Mineral Botanica mbak hahaha Soalnya lagi pengen punya itu >.<!

    Thanks for sharing mbak, jadi ada alternatif brush set yang murmer hihihi

    ReplyDelete
  8. Kak brush nya beli di toko online mana?? Jd minat beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fanny,, ini dari ngubek2 Lazada. Banyak ko pilihannya

      Delete
  9. Jadi pengin beli Bamboo Brush Setnya, harga segitu udah dapat banyak brush dan cantik hehe Beli dimana mbak? :D

    ReplyDelete
  10. The struggle is real ya. haha. saya juga lg nyari2 brush sih emang, ah tp kayaknya mau beli yg brush putih itu dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jadi malu.. recommended dan ga harus merk yg sama. Soalnya yg putih itu pun ada banyak bgt

      Delete
  11. Yang set brush itu beli di Lzd kah Mbak? Aku beli di Lzd, mirip, tapi belum dateng sih barangnya. Semoga bagus hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah...sepertinya saya mesti beli yang bamboo handle brush nih. Kemarin beli yang naked 3, masih kurang bbrpa. Thanks mbak review nya...

    ReplyDelete