5 Hari Menggunakan Lipstick Merah Berbeda-Beda, Ini Pelajaran yang Saya Dapatkan

, , 6 comments

Saya tidak pernah terlalu confident menggunakan red lipstick, apalagi digunakan di siang hari, dan apalagi jika tujuan Anda adalah ke kantor. Too much, too slutty hahaha.. Maka itu koleksi lipstik merah hanya saya gunakan saat weekend. Sayang.. jarang sekali digunakan dan menunggu waktunya untuk expired. Padahal sering kita dengar 'red lips are a statement, like a great piece of jewelry'. Jadi beberapa hari ini saya memaksakan diri menggunakan red lipstick, ke kantor! Catat itu! Saya coba gunakan lima brand yang berbeda dan banyak hal yang saya dapat jadikan pelajaran.

Day 1 - Max Factor Colour Elixir Ruby Tuesday

Hal pertama yang saya pikirkan adalah bibir merah akan sangat baik jika dijadikan center of attention dari keseluruhan penampilan. Saya hanya mengkombinasikan red lipstick dengan simple outfit (yang umumnya monochrome) dan minim patern. Keep it basic jadi orang lain akan tertuju pada bibir Anda. 
Hal yang terburuk adalah, jangan menggabungkan lipstik merah dengan outfit berwarna pink. Nooooo.... totally fail! Saya mencobanya diawal dan merasa salah sama sekali, sampai akhirnya mengganti dengan outfit putih. Setelah itu? Jauh lebih baik. 




Day 2 - Maybelline Color Show 203 Cherry On Top [review disini]

Memilih tekstur lipstik terkadang bisa jadi sangat mengintimidasi. Mungkin selama ini Anda berpikir red lipstick paling bagus jika teksturnya matte. Tapi tetap terbukalah pada berbagai pilihan yang ada. Anda tidak akan tahu jika tawaran dipasaran bisa sangat membuat Anda terkejut. 
Maybelline Color Show 203 Cherry On Top [review disini] menghasilkan satin finish dan ternyata sangat cocok di wajah saya. Apalagi jika Anda sudah memasuki usia 30 tahun. Saatnya mengurangi permainan dengan lipstick matte dan berikan kesan segar dengan sedikit sentuhan glossy. Glossy, tint, matte, frosty, atau apapun itu, keep your options open.


Jika memang Anda gagal dengan glossy red lipstick, mudah! Blot bibir dengan tisu lalu lapisi dengan loose powder. Matte lipstick secara instan.

Day 3 - Colourpop Ultra Matte Creeper
Lipstik merah bukanlah sesuatu yang bisa Anda gunakan dengan tergesa-gesa. Diaplikasikan sambil menunggu lampu hijau misalnya? Semakin rapi pengaplikasian, semakin sophisticated kelihatannya. Itulah mengapa menggunakan lipstik merah sangat disarankan diawali dengan lip liner dengan warna senada.
Hari ketiga saya menggunakan Colourpop Ultra Matte Creeper dimana produk ini bertekstur liquid plus sudah ada aplikator di dalamnya. Saya pikir apa gunanya dengan lip liner. Tapi bahkan lipstick bertekstur matte pun bisa fading setelah beberapa jam. Tidak adanya pembatas antara lipstik dan garis bibir membuat terbentuk garis-garis tipis di pinggiran bibir yang membuatnya terlihat sangat tidak profesional. Apalagi jika warna merah yang Anda pilih tergolong bright, wah makin terlihatlah garis tersebut. 

Selain itu, aturan dasar terkait 'jangan menggunakan heavy eye makeup saat menggunakan red lipstick' tetap berlaku. Saya memastikannya tetap minimum, karena bold eye makeup dan red lipstick adalah kunci utama Anda terlihat jauh lebih tua.


Day 4 - City Color Creamy Lips Cherry Daiquiri

Review lengkap: City Color Creamy Lips Cherry Daiquiri
Lipstik merah bukan hanya tentang MAC Ruby Woo atau YSL Rouge Pur Couture Le Rouge. Yup benar, tapi kualitas tetaplah akan berbicara. City Color Creamy Lips Cherry Daiquiri saya dapat dengan harga sangat murah dan ketika saya gunakan formulanya tidak mau menempel di bibir sehingga sekali makan saja sudah hilang dibagian tengah. Belajar dari itu, maka perlu usaha untuk melayer lipstick beberapa kali agar lebih awet. Saya pulas sekali, blot dengan tisu, pulas lagi, blot kemudian, dan sekali lagi hingga lipstik ini bisa awet hingga malam.


Hari keempat juga saya membuat kesimpulan bahwa lipstik merah dengan bright pigment adalah yang terbaik yang harus saya miliki. Wajah saya lebih cerah dan sesuai dengan warna dasar kulit saya. Saya mulai berpikir untuk mengoleksi red lipstick dengan hint orange. Benarkah?

Day 5 - LA Girl Matte Flat Velvet Lip Gossip


Nyatanya keyakinan saya akan bright red lipstick hanya bertahan sehari. Kepercayaan kita yang kuat terkait hubungan warna dan skintone kadang menyesatkan dan membuat kita tidak terbuka dengan berbagai pilihan. LA Girl Matte Flat Velvet Lip Gossip memiliki kesan cool tone dan  nyatanya saya banyak mendapat compliment di hari terakhir ini. 
Paginya saya menggunakan lipstick nude karena hari itu terasa sangat melelahkan. Banyak deadline dan full of meetings, sepertinya semua hasil pekerjaan saya tidak sesuai yang dibayangkan. After lunch saya jenuh dan memutuskan mengganti sedikit look dengan lipstik merah. 
Sedikit sentuhan warna namun perubahannya sangat terasa. 'Gue suka banget lipstick lu Tan'. Bukan cuma satu-dua orang yang menyebut demikian. Sedikit demi sedikit kepercayaan diri saya muncul kembali dan semua terasa lebih mudah. Red lipstick and high heels are perfect combo then i feel so powerful, the best feeling ever.

There isn't one perfect shade of red for every woman. Teruslah bereksperimen, jangan berpatok pada mitos bahwa lipstik merah harusnya begini, begini, dan begini. Anda tidak pernah tahu kapan menemukan formulasi yang paling tepat jika terus hanya mengandalkan apa yang dikatakan orang lain. Coba, coba, dan coba lagi!


Find Your Perfect Red Lipsticks


6 comments:

  1. Ihhh..aku suka banget baca postingan-postingannya.. singkat,padat,jelas dan enak dibacanya.
    Salam kenal yaa.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Wulan.. aku juga suka sama eye look yang sering kamu buat :)

      Delete
  2. Aku sukaaaaaaa banget lipstick merah, ke mana2 pakai merah, tapi gak demen yang matte, sukanya yang glossy banget sampai dipikir abis makan gorengan hahaha

    ReplyDelete
  3. Hi, Intan! Kalo pake lipstik merah (apalagi kalo belepotan dikiiiit aja), rasanya kayak Joker, ahaha.
    Btw, Pertama kali main ke blog kamu dan aku sukaaa!
    Salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Ratri, sering mampir2 kesini ya

      Delete