[Review]: PAC Creamy Foundation Pallete

, , 6 comments
7 out of 10
I like it


Layaknya perempuan lain diluar sana, saya juga belajar sangat (sangat) keras untuk bisa melakukan contouring. "OMG... bagaimana makeup artist itu mengaplikasikan krim yang berwarna coklat? Dimana saya harus meletakkan yang putih? Bagaimana cara blending produk agar terlihat flawless? Produk apa yang harus saya gunakan? Perlukah saya membeli bronzer? Dan kenapa wajah saya malah terlihat berantakan sekarang?". 

Ya, sampai saya menulis posting inipun saya belum menjadi master contouring, tapi tidak menyurutkan niat saya untuk berbagi pengalaman menggunakan contouring kit pertama saya yaitu PAC Creamy Foundation Pallete. Saya tidak tahu produk apa yang harus digunakan pertama kali dalam proses belajar, namun tampaknya contour kit berbasis cream mungkin akan lebih ameteur-friendly. Pertimbangan lainnya adalah produk ini bisa digunakan sebagai foundation dan concealer, jadi meskipun harganya lumayan menguras kantong (Rp330.000) tetap saya ambil juga.

Review PAC Creamy Foundation Pallete
Dari sisi kemasan PAC Creamy Foundation Pallete lebih cocok dipegang oleh seorang makeup artist profesional. Warnanya matte black dan lebar sehingga hampir tidak mungkin Anda bawa kemana-mana. Kemasannya kokoh dan sudah dilengkapi dengan 3 spons untuk aplikasi (yang tidak pernah saya pakai karena lebih senang menggunakan beauty blender). Tiga warna sudah bisa Anda dapatkan, dan ketiganya bagi saya benar-benar berguna. 

PAC Creamy Foundation Pallete terdiri dari 3 warna

PAC Creamy Foundation Pallete dilengkapi 3 spons
Warna pertama diberi kode 01 dan berwarna putih. Benar-benar putih sehingga awalnya saya berpikir seperti sedang menempelkan tepung pada wajah. Agak ragu-ragu menggunakannya diawal namun semakin belajar contouring akhirnya berterima kasih juga dengan warna ini yang menetralkan warna gelap jika saya mulai mengacaukan makeup amatiran saya. Foundation putih ini tentu saja berguna untuk menandai fitur-fitur wajah yang perlu highlighting seperti tulang pipi, tulang alis, dan bagian dahi.

Kode dibalik kemasan PAC Creamy Foundation Pallete

01 White PAC Creamy Foundation Pallete
Warna kedua dengan nomor 11 natural brown dan mengganti fungsi concealer jika saya terlalu malas menggunakan produk lain. Daya tutupnya lumayan bagus hanya saja terlihat terlalu cakey dibandingkan liquid concealer yang biasa saya gunakan.

11 Natural Brown PAC Creamy Foundation Pallete
Terakhir dengan kode 08 dan contour colour yang sebenarnya. Warnanya tidak terlalu intens sehingga hasil akhirnya akan terlihat natural bagi kulit orang Indonesia. 

08 Dark Brown PAC Creamy Foundation Pallete
Karena ini adalah contour kit pertama saya, tidak ada pembanding yang bisa membuat saya berkomentar "oh ini lebih bagus, ini kurang itu" dan komentar sejenisnya. Secara fungsi saya pikir PAC Creamy Foundation Pallete melakukan fungsinya dengan baik. Kekurangan ada pada saya sendiri yang belum mahir membuat ilusi wajah dengan benar. Teksturnya yang creamy memang memudahkan pemula untuk blending dengan mudah dan cepat. Ada bau seperti mint/methol didalamnya yang cukup mengganggu bagi saya. 
Saya testing dengan contouring wajah selama 2 minggu berturut-turut saat ke kantor (bayangkan keribetannya setiap pagi) dan luar biasa tidak memicu jerawat. Dengan catatan tentu saja pembersihan wajah setelahnya dilakukan dengan telaten. Sisanya lebih karena produk ini terlalu mahal sehingga saya tidak berpikir untuk membelinya lagi. 

Kandungan PAC Creamy Foundation Pallete
Ini adalah contoh conturing yang saya lakukan meskipun secara keilmuan makeup dinyatakan salah besar. Saya memiliki wajah oblong dan harusnya tidak memerlukan contouring berat karena membuat wajah terlihat semakin panjang.
Panduan contouring untuk oblong face
- Setelah mengaplikasikan Moisturizer dan BB Cream, saya menutup sedikit noda-noda di wajah dengan warna 11 natural brown lalu diratakan menggunakan spons basah.
- Aplikasikan warna 08 dark brown untuk membentuk bayangan gelap dan wajah lebih tirus: tepat di bawah tulang pipi, dahi atas, sekitar rahang, dan tulang hidung.
- Tambahkan warna 01 white di tulang pipi, tengah dahi, dan tengah hidung.

Contour dasar menggunakan PAC Creamy Foundation Pallete
- Tunggu beberapa saat sekitar 1-2 menit agar foundation sedikit lebih kering.
- Baurkan warna dark brown secara perlahan tanpa mengotori area lainnya dari wajah. Gunakan satu sisi beauty blender.
Blending warna 08 Dark Brown PAC Creamy Foundation Pallete
- Sisi beauty blender yang masih bersih bisa Anda gunakan untuk membaurkan warna white.
- Setelah itu baurkan kesemua warna perlahan-lahan. Jika perlu dan merasa warnanya kurang intens, saya akan menambahkan lagi dark brown atau white sesuai kebutuhan dan blending lagi. Begitu seterusnya.
Blending semua warna PAC Creamy Foundation Pallete
- Sisanya Anda bisa mempertegas contour menggunakan blush atau bronzer.  
Hasil contouring dengan PAC Creamy Foundation Pallete
Sebenarnya saya kurang menyukai tehnik ini. Terlalu complex dan tidak semua orang bisa melakukannya. Saya tidak rela memotong waktu tidur saya demi 'memahat' wajah seperti ini. But who's cares? Makeup is for fun.

Daya tahan PAC Creamy Foundation Pallete sangat bagus. Hasil akhirnya wajah terlihat matte dan bisa tetap seperti itu hingga 6 jam kedepan. Tapi bagi Anda yang pemula dalam hal contouring, saya sarankan mencoba produk lain terlebih dahulu sebelum menggunakan PAC Creamy Foundation Pallete.

Disclaimer:
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang.

6 comments:

  1. Cakep mbaa hasil akhirnya.
    Saya belum berani beli palette foundie, hiks masih amatiran juga buat contouringnya. Kebanyakan ngga berhasilnya wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, itu aja trial error-nya ga kehitung mba. Serahkan sama ahlinya aja deh soal contouring. Thank you sudah mampir :D

      Delete
  2. Aku.juga beli ini mba, cuman pake buat foundation doank, hahahaa

    By Buleipotan.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Saya baru aj beli, coba pake buat contour... dan hasilnya ga gimana2. Setelah googling ada tulisan ini. Ahahahah jadi lega. Nyontek dikit ya mba.. makasi.

    ReplyDelete