[Review]: Bio Oil

, , 11 comments
5 out of 10
It's okay

Saya membeli Bio Oil sebenarnya sudah sejak tahun lalu, saat di berbagai drugstores tiba-tiba dibanjiri produk yang memenangkan 224 skincare awards ini (untuk detail penghargaan, silahkan ikuti link ini). Namun setelah beberapa bulan menimbang-nimbang akhirnya saya berada pada kesimpulan Bio Oil tidak menghasilkan efek luar biasa pada kulit saya. 

Review Bio Oil.
Bio Oil sebenarnya ditujukan untuk mengatasi masalah pada kulit seperti bekas luka, stretch marks, uneven skintone, aging, hingga dehydrated skin. Produk ini termasuk dry oil yang cepat meresap dikulit dan tidak membuatnya lengket. Kandungan didalamnya sebenarnya relatif menjanjikan.

Botanicals
Calendula Officinalis Flower Extract (Calendula Oil)
Lavandula Angustifolia Oil (Lavender Oil)
Rosmarinus Officinalis Leaf Oil (Rosemary Oil)
Anthemis Nobilis Flower Oil (Chamomile Oil)
Vitamins
Retinyl Palmitate (Vitamin A) 
Tocopheryl Acetate (Vitamin E)
Oil base
Mineral Oil (Paraffinum Liquidum) 
Triisononanoin
Cetearyl Ethylhexanoate 
Isopropyl Myristate
Glycine Soja Oil
Helianthus Annuus Seed Oil
BHT
Bisabolol
Fragrance (Rose)
Alpha-Isomethyl Ionone 
Amyl Cinnamal 
Benzyl Salicylate 
Citronellol
Coumarin
Eugenol
Farnesol
Geraniol
Hydroxycitronellal
Hydroxyisohexyl 3-Cyclohexene Carboxaldehyde
Limonene
Linalool
Color
Orange: CI 26100 (Red 17)

Keterangan dibalik botol Bio Oil.
Hingga akhirnya saya mencoba sendiri produk ini selama 3 bulan (itulah yang dianjurkan dalam kemasan, untuk melihat hasilnya dalam 3 bulan) dan memutuskan untuk memberi point 5. Itu artinya produk ini tidak menghasilkan sesuatu yang buruk pada kulit saya namun tidak juga memperlihatkan perubahan kearah positif. 

Tujuan awal saya adalah bagaimana produk ini mampu menghilangkan bekas jerawat  yang sudah bertahun-tahun. Jadi fokus penggunaan memang hanya pada area wajah saja, dan jangan tanyakan bagaimana efeknya terhadap stretch marks. Setiap malam saya mengoleskan 3 tetes Bio Oil dan memijatnya sedikit. Banyak orang yang tidak menyukai wanginya. Tapi entahlah saya justru senang sekali. Mengingatkan kita pada rumah nenek di pedesaan (dalam kandungan diatas, mereka menyebut ini fragrances rose (?) ). Saya super excited di masa-masa awal penggunaan. Dengan sabar dan telaten produk ini tidak lupa saya gunakan. Banyaknye review baik semakin menguatkan saya untuk bertahan, setidaknya hingga 3 bulan kedepan. 

Ketika bangun dipagi hari, menurut saya produk ini tidak memicu minyak berlebih. Kondisi wajah saya sama seperti biasanya, tetap berminyak namun tidak makin parah. Pertanda bagus? 

Lewat 1 bulan saya memberanikan diri menggunakan Bio Oil juga pada siang hari. Awalnya takut wajah banjir minyak, namun ketakutan itu tidak terjadi. Tinggal setting dengan loose powder dan wajah tidak akan berkilau lagi. Penggunaannya juga tidak mempengaruhi ketahanan makeup yang saya gunakan. Meskipun minyak, Bio Oil tidak memicu jerawat diatas kulit saya yang sensitif.

Penggunaan pada bulan kedua saya mulai frustasi karena tidak sedikitpun bekas jerawat di wajah saya menghilang. Sama seperti sebelum penggunaan Bio Oil. Namun harus saya akui produk ini meningkatkan kelembapan kulit saya, dan mungkin karena itu juga bisa menjadi anti-aging. Selepas 3 bulan saya menyudahi penggunaan produk ini dalam skincare routine saya dan ikut memberikan like pada beberapa review yang memberikan nilai 3 kebawah untuk produk ini.

www.makeupalley.com 3.5/5
www.amazon.com 3.8/5
www.ulta.com 4.3/5

Anda yang masih ingin mencoba peruntungan dengan produk ini bisa mendapatkannya di drugstores seharga Rp120.000. Bio Oil ini memiliki kemasan plastik yang mungil 60ml. Meskipun begitu, penggunaan dalam 3 bulan tidak akan habis dengan mudah, karena sekali penggunaan hanya memerlukan 2-3 tetes saja. Mulut botol ukuran sedang jadi minyak yang dikeluarkan tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

Kemasan dan tutup botol Bio Oil dari plastik.
Sisa produk ini tidak saya buang begitu saja. Terinspirasi dari video Wayne Goss tentang cara mengaplikasikan foundation berikut ini, akhirnya saya mencampurkan Bio Oil dengan BB Cream untuk mendapatkan efek yang lebih glowy tanpa mengorbankan coverage


Saya sarankan trik ini digunakan jika Anda sedang menggunakan BB Cream non-Korea atau foundation dengan matte-finish karena penambahan Bio Oil pada base yang sebenarnya sudah memberikan efek dewy hanya akan membuat Anda seperti tambang minyak.

Mencampurkan Bio Oil pada foundation/BB Cream.
Disini saya menggunakan BB Cream dari The Body Shop yang lalu diberi 1 tetes Bio Oil dan dicampurkan pada punggung tangan. Baru setelah itu campuran diratakan pada wajah. Hasilnya bisa Anda lihat dibawah ini. Bagian wajah sebelah kanan terlihat lebih glowing daripada yang kiri tanpa Bio Oil.


Disclaimer:
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang.




Mix it with your oil


11 comments:

  1. mba,review tentang bio oil yang mba intan tulis sangat menarik, saya sangat suka. by the way adakah review tentang produk kosmetik SK-II essent? kalo yang dijual di online shop apa sama mutunya dengan beli di counter resminya? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,, Thank you buat compliment-nya, tapi saat ini belum ada review tentang SK-II, karena saya juga belum ada pengalaman menggunakan line tsb :(

      Delete
  2. haii kak intan kalau menurut ku bio oil ini bukan buat menghilangkan jerawat melainkan bekasnya , kalau jerawat aku saranin pakei tea tree oilnya body shop deh pakai itu jerawat jadi cepat kering , baru deh bekasnya di ilangin pake bio oil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. thank you sarannya. Patut dicoba nanti

      Delete
  3. Kak aku mau nanya deh kak aku kan bekas jerawatnya lumayan ya trus aku lagi pake produk dokter nah kalo tiap malem aku aplikasikan ke wajah bio oil kapan aku make krim malem itu kak? Apa boleh setelah pemakaian bio oil aku pake krim malem? Trimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi untuk hal ini sebaiknya kamu konsultasikan juga ke doktermu. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah kulitmu

      Delete
  4. Hasil dari pake bio oil. Wajah gua keliatan lebih cerah. Bahkan kulit gua kelihatan lebih sehat. Kalo untuk jerawat emg ga bisa.

    ReplyDelete
  5. mba boleh tau ga recommended product yang ampuh ilangin bekas jerawat? aku punya problem sama kaya mba nih

    ReplyDelete
  6. Yaelah.. emg klo buat jerawar gabisa-;- malah klo lgi jerawatan nggak disaranin buaf make ini, nanti malah bruntusan-,-

    Bio oil kan lbh ke menghilangkan bekas luka gitu, mba;)

    ReplyDelete
  7. Kulit saya dulu ada bekas jerawat parah di pipi dan berthun2, saya pakai rangkaian hadalabo shirojyun mulai dari essence,lotion,milk dan night cream. Setlah 2 bulan noda dan bekas jerawat benar2 memudar dan hilang

    ReplyDelete