[Beauty Trends]: Reverse Washing, Tepatkah untuk Saya?

, , 4 comments
Beberapa waktu saya mulai mendengar istilah Reverse Washing. Apalagi ini? Keanehan apalagi dalam dunia perawatan rambut setelah 'no shampoo' dan co-washing? Setelah dicek, ternyata ini trend yang sebenarnya simple saja. Anda tinggal mengubah 'posisi' shampoo dan conditioner dalam rutinitas keramas Anda. Jika biasanya kita mencuci rambut dengan shampoo terlebih dahulu baru diikuti conditioner untuk memberikan kelembapan, maka sekarang kita balik. Lembabkan dulu baru bersihkan!

Bagaimana Reverse Washing dilakukan? (image credit: nouveaucheap.blogspot.com)

Ada alasan khusus kenapa orang-orang melakukan kebiasaan ini. Bagi orang-orang berambut tipis atau berminyak, mereka sadar betul bahwa kebiasaan mencuci rambut dengan cara konvensional hanya akan membuat rambut mereka semakin terlihat lepek setelahnya. Penggunaan conditioner di akhir membuat rambut mereka semakin berat kebawah dan menurunkan volume. Apalagi sisa conditioner yang tidak terbilas dengan baik menggunakan air akan menumpuk di kulit kepala dan menghasilkan ketombe. Terdengar logis hah?

Apakah ada trik-trik khusus dalam menerapkan Reverse Washing? Ya ada 2 hal yang harus Anda ubah: diamkan conditioner lebih lama dan gunakan lebih sedikit shampoo. Jika biasanya saya menggunakan conditioner tidak lebih dari 2 menit, maka sejak melakukan Reverse Washing saya ubah menjadi 5 menit. Pastikan juga shampoo lebih sedikit untuk menghindari kandungan conditioner yang habis dibawa busa. Kira-kira 25% lebih sedikit dari biasanya.

Aturan Reverse Washing (basic image credit: redbubble.com)
Well kadang trend tidak selalu bisa kita ikuti. Salah saya sendiri juga mengikuti yang sedang booming tanpa melihat kondisi diri sendiri. Saya bukan pemilik rambut tipis, bahkan tergolong super mengembang dan kering. Apalagi saat ini saya memotong rambut menjadi potongan pendek. Alhasil ketika shampoo saya gunakan dibelakang, rambut saya menjadi kurang lembab dan rambut mencuat terutama di puncak kepala. Tapi trik ini efektif mengurangi ketombe yang biasanya terbentuk dari sisa-sisa conditioner. 

Saya pemilik rambut kering dan mengembang, tidak cocok dengan reverse washing.

Apakah saya melanjutkan cara ini? Tidak, terima kasih. Silahkan jika Anda yang berambut tipis saja yang mencobanya. Banyak testimoni dari yang sudah mencoba Reverse Washing ini dan menyukai bouncy effect setelahnya. 

4 comments:

  1. Salam kenal kak
    Menurutku penyebab tren ini mungkin karena rasa enggak nyaman karena pakai conditioner.Aku juga gk bisa pakai karena rasanya lengket dan gk bersih gitu,tapi aku gk pernah nyoba tren ini.Biasanya aku beli shampo yg udah ada conditioner didalamnya biar praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo 2 in 1 shampoo aku sendiri malah kurang cocok Dear. Cepet ketombean hehe

      Delete
  2. Sy pakai shampo anti ketombe. Shampo beginian biasanya bikin rambut kaku ngembang. Makanya hrs pake condi setelahnya. Membayangkannya sj, sy sdh merasa gak cocok.

    ReplyDelete
  3. tan, aku udah lama pake cara ginian. tapi kayaknya harus kuperbanyak lagi nih conditioner nya. rambutku mah emang tipis >.<


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete