[Review]: The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo

, , 4 comments
3 out of 10
I don't like it

Dengan berat hati saya memberi angka 3 pada produk ini, The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo. Padahal saya membelinya dengan ekspektasi tinggi. Saya saat ini pada fase no-silicones setelah mencoba beberapa saat no-poo project (yang tidak bertahan lama). Namun sisi baiknya saat ini saya sadar betul manfaat tidak mengunakan shampoo dengan bahan silicone. 

Begitu buruknya kandungan silicone dalam suatu produk? Dalam kasus shampoo, silicone sebenarnya memberikan tampilan rambut terkesan sehat karena membuat rambut tampak berkilau dan tidak kusut. Untuk itulah hampir semua produk shampoo menyertakan silicone didalamnya. Namun lama-kelamaan silicone akan menumpuk dikulit kepala sehingga menghambat penyerapan nutrisi. Yang saya bicarakan khusus untuk jenis silicone yang tidak larut dalam air. Beberapa jenis silicone ini antara lain:

Trimethylsilylamodimetheicone
Dimethicone
Phenyl Trimethicone
Cetearyl Methicone
Dimethiconol
Amodimethicon
Stearyl Dimethicone
Cyclomethicone
Cetyl Dimethicone
Cyclopentasiloxane
Behenoxy Dimethicone
Stearoxy Dimethicone
Dikutip dari : blackhairmedia.com

Maka dari ini mulai saat ini coba Anda cermati kandungan 'cone' dalam produk Anda. 

Mulailah dari situ saya menemukan bahwa orang-orang yang akhirnya give up dengan no-shampoo treatment akhirnya beralih menggunakan no-silicones shampoo, salah satunya The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo ini. 

Saat pembelian, saya tidak melengkapinya dengan conditioner karena sisa conditioner yang lama masih banyak. 

Review penggunaan The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo.
The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo menggunakan botol plastik dengan flip-top cap. Saya jamin ini aman jika dibawa dalam perjalanan karena cukup susah setiap kali saya ingin membuka tutupnya. Hal yang membuat saya menyesal dengan pembelian ini adalah karena hasil yang dicapai tidak sesuai dengan harganya. The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo dengan ukuran 250ml membuat saya mengeluarkan uang Rp149.000. 

Harga The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo.
Pada kemasan depannya Anda akan menemukan keterangan No Silicone No Sulphates No Colourants No Parabens. Silicone seperti yang saya sebutkan sebelumnya membuat rambut Anda terlihat berkilau. Sulphates adalah bahan pembuat busa, sedangkan Colourant tentu saja untuk memberikan warna. Terakhir adalah Parabens yang biasa digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri sehingga produk bisa lebih tahan lama. 

The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo No Silicone No Sulphates No Colourants No Parabens.
Saya sengaja pilih Moisture karena varian ini ditujukan untuk rambut kering. The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo juga dilengkapi dengan Pracaxi Oil yang bermanfaat untuk melembabkan rambut dan telah banyak digunakan dalam industri kecantikan. Selain itu ada juga Manketti Nut Oil yang punya nama lain Mongongo Oil (African Oil) yang memberikan banyak nutrisi pada rambut dan juga melindungi dari sinar matahari. Terakhir ada juga Community Fair Trade Honey (bayangkan saja manfaat madu) yang menurut website resmi The Body Shop diambil dari Ethiopia. 

Kandungan lengkap The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo

Aqua, Sucrose, Disodium Cocoyl Glutamate, Lauryl Betaine, Laureth-5 Carboxylic Acid, Mel, PEG-55 Propylene Glycol Oleate, Propylene Glycol, Sodium Chloride, Glycerin, Parfum, Polyglyceryl-4 Caprate, Sodium Benzoate, Sucrose Laurate, Isopropyl Alcohol, Polyquaternium-6, Salicylic Acid, Citric Acid, Schinziophyton Rautanenii Kernel Oil, Pentaclethra Macroloba Seed Oil, Sodium Hydroxide, Tocopherol.

The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo memiliki tekstur sangat cair dengan warna bening. Ditambah dengan komposisi No Sulphates-nya membuat penggunaan shampoo ini lumayan boros. Kita jadi terdorong menggunakan lebih banyak shampoo untuk mendapatkan jumlah busa yang dirasa cukup. 

Tekstur The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo sangat cair.
Hal menyenangkan dari produk ini adalah wanginya yang segar. Maka itu mungkin produk ini dinamakan Rainforest karena membuat kita merasa berada di tengah hutan hujan tropis. Namun wanginya tidak bertahan lama, jadi hanya bisa Anda kagumi ketika keramas saja. 

Cara penggunaan yang direkomendasikan adalah mengeluarkan isinya ke telapak tangan lalu busakan sedikit dengan air baru diusapkan pada rambut. Cara ini mencegah produk menumpuk banyak di bagian tertentu saja. 


Petunjuk penggunaan dibelakang botol The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo.
Meskipun berbagai kelebihannya terutama kandungan yang ramah, tetap saja The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo tidak cocok untuk rambut saya yang bertipe kering. Harapannya produk ini akan melembabkan dengan embel-embel Moisture didalamnya. Nyatanya produk ini membuat rambut sangat kering dan kusut. Apalagi ada clumpy feeling saat produk digunakan.

Tapi ini memang produk tanpa silicone jadi seharusnya memang tidak menjanjikan rambut lembut seperti shampoo pada umumnya. Ok dengan pemikiran seperti itu saya masih bisa bertahan. Tinggal apply conditioner seharusnya problem solved dan hari berikutnya saya akan mendapatkan rambut alami dengan mulai keluarnya minyak alami rambut. Namun menunggu keesokan harinya rambut saya malah semakin tidak beraturan. Saya tidak suka kondisi rambut jika saya keramas dimalam hari ini dengan The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo dan mendapati rambut saya sangat rapuh dan kesat keesokan harinya. Hal ini membuat rambut mudah patah ketika disisir.

Problem itu belum seberapa dengan kondisi ini. I developed dandruff! Sehari setelah keramas saya akan merasakan rambut mulai gatal dan ketombe berjatuhan di pundak. Bayangkan ketika kita menggunakan baju hitam. Awalnya masih berpikir saya keramas kurang bersih, jadi setelahnya saya akan membersihkan rambut dengan dua kali proses hingga yakin benar-benar bersih. Tapi sebulan sudah dan ketombe malah menjadi-jadi. The end  of the story, goodbye The Body Shop Rainforest Moisture Shampoo.  Not a good value for money.

Perbandingan rating: 

www.thebodyshop.co.uk    3.7/5
www.makeupalley.com       3.2/5

Disclaimer: 
Review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pda tiap orang. 

4 comments:

  1. Bener bgt rambut aku abis pake ini tuh kusut bgt kak :(

    ReplyDelete
  2. Aq pakai ini jg say..... sebelum pakai shampoo ini aq mask rambutq dr pagi ampe sore wktunya keramas pakai VCO mix ama minyak kemiri bakar.... bs bersih 2x keramas...alhasil rambutq lembut banget... ...banget! Deh.. dl aq jg no poo, tp skrg mncoba kramas minim 5hr sekali kramasnya. (Iya Tanpa mask jd sedikit kusut ky shampoo bayi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fenny.. serius dari pagi sampe sore??????

      Delete