[Quick Tips]: Pilih Hanya Extra Virgin Olive Oil untuk Kecantikan Anda

, , 14 comments
Ketika berbelanja ke supermarket dan menemukan banyak jenis olive oil atau kita sebut minyak zaitun, mungkin Anda akan bingung. Jenis yang mana atau merk apa yang terbaik untuk perawatan kecantikan. Pada dasarnya olive oil dapat dibagi menjadi 7 jenis berdasarkan kualitasnya. Namun yang sering kita lihat di supermarket ada 6 tipe olive oil.

Extra Virgin Olive Oil (EVOO)
Perasan pertama dari buah zaitun. Kandungan asamnya rendah (0,8%) dan digunakan terutama untuk perawatan kecantikan. Tidak memiliki campuran kimia apapun.

Virgin Olive Oil
Perasan kedua minyak zaitun dengan kandungan asam 2%.

Fino Olive Oil
Merupakan campuran antara Extra Virgin Olive Oil dan Virgin Olive Oil.

Pure Olive Oil
Merupakan minyak zaitu hasil penyulingan dan biasanya untuk memasak.

Extract dan Refined Olive Oil
Merupakan perasan pertama zaitun namun melewati proses kimia untuk mengubah keasaman dan rasanya.

Extra Light dan Light Olive Oil
Merupakan hasil dari pemurnian minyak zaitu berkualitas rendah. Rasa dan aromanya paling ringan, dan juga harganya paling murah.

EVOO yang baik berwarna hijau keemasan. Tidak ada panduan khusus merk mana yang paling baik. Ada baiknya kita memilih EVOO dengan botol kaca untuk menghindarkannya dari sinar matahari langsung sehingga  kandungan olive oil tetap baik.

Beberapa merk EVOO yang sering kita temui di supermarket antara lain Bertolli, Olitalia, Filipo Berio, Venta del Baron, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh gambar dibawah adalah EVOO dari Filippo Berio. Kekurangannya adalah kemasan terbuat dari plastik dengan harga sekitar Rp60.000-an ribu.

Extra Virgin Olive Oil untuk kecantikan dari Filippo Berio.

Pilih Hanya Extra Virgin Olive Oil untuk perawatan kecantikan.
Hal yang paling saya suka adalah Filippo Berio ini dalam kemasan spray. Jadi saat digunakan terasa sangat higienis dan bisa diatur banyaknya minyak yang ingin kita keluarkan.

EVOO dari Filippo Berio berbentuk spray.
Namun saya juga melengkapi EVOO dari La Rambla yang punya kemasan tinggi langsing dengan warna botol yang cantik. 

EVOO dari La Rambla
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan kecantikan alami memanfaatkan olive oil. Berikut beberapa hal yang selalu saya terapkan setidaknya seminggu sekali. 

#1. Olive Oil + Face Mask

Campurkan masker favorit Anda dengan beberapa tetes minyak zaitun. Tenang saja bagi Anda yang punya kulit berjerawat. Berkali-kali saya mencampur masker wajah dengan minyak zaitun tidak memperparah kondisi kulit. Yang ada, kulit lebih glowing dan kenyal setelah menggunakan masker. 

Campuran olive oil dan face mask untuk kulit wajah lebih lembab.

#2. Olive Oil + Scrub

Scrub Anda juga bisa dicampur dengan minyak zaitun. Pernah baca soal lulur tradisional Jogja yang sempat saya review dan overall teksturnya over-dry? Lulur seharga Rp12.000 itu bisa diubah hasil akhirnya dengan penambahan olive oil. Teksturnya jadi lebih lembab dan mudah untuk digosok keseluruh badan sehingga mudah mengangkat kotoran. 

Olive Oil sebagai bahan tambahan dalam scrub/lulur Anda.

#3. Olive Oil sebagai makeup remover

Saya tidak pernah membeli makeup remover khusus. Cukup tuang sedikit minyak zaitu ke kapas dan tekan-tekan pada mata dan bibir selama beberapa saat. Voila... makeup waterproof pun terangkat sempurna dengan bonus kulit sekitar mata yang sensifit terjaga kelembapannya.

Olive oil sebagai makeup remover yang melembabkan.
#4. Olive Oil sebagai hair mask

Ini tips favorit saya. Gantilah hair mask Anda cukup dengan olive oil. Sejak 2 minggu ini saya selalu melakukan ritual mengoleskan minyak zaitu keseluruh rambut, 30 menit sebelum keramas. Tapi buka itu saja. Tutup rambut dengan shower cap lalu keramaslah seperti biasa. Saya akan mengulang penggunaan shampoo hingga 2x untuk memastikan rambut tidak lepek. Kondisi rambut saya juga semakin membaik, dalam artian jauh lebih lembut bahkan pada percobaan pertama, lebih kuat, bervolume, serta mudah diatur.

Kondisi rambut sebelum perawatan dengan olive oil: kering dan sulit diatur.

Kondisi rambut setelah perawatan dengan olive oil: lebih lembut, kuat dan bervolume.
Sudah lihat kan EVOO ini banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kulit dan rambut Anda. Jangan ragu untuk membelinya. Perawatan alami tidak pernah mengecewakan.

14 comments:

  1. Kalau virgin oil yang sudah tamat tempohnya bagaimana ya? Keluarannya pada 2013 dan expired date nya pada 2015..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya saya menyarankan untuk tidak digunakan. Periode yang panjang (apalagi jika botolnya dari plastik) membuat kerusakan kandungan karena sinar matahari, jauh lebih besar.

      Delete
  2. Beli yg evoo model spray kayak gini di mana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supermarket semacam Carrefour, Foodhall, atau Ranch Market

      Delete
  3. Kmrin aku beli yang extra light.. itu bisa dipake juga gak? Salah beli 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm ga pernah nyoba tp aku pribadi ga akan mau pakai karena kandungan vitaminnya sudah level yg paling rendah. Sayang aja Rapidah :(

      Delete
  4. barusan saya beli extra virgin olive oil, tapi yang botolnya plastik... masih aman kan ya..

    ReplyDelete
  5. Evoo itu emang kayak minyak makan gini ya baunya? Saya jadi serem gunainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaahhh sedikit 'padet' ya baunya, tapi so far kulit saya baik2 aja ko

      Delete
  6. Saya beli evoo fillippo yg utk masak/utk salad.. botol nya dr kaca warnanya agak gelap gitu, aman ngga yaa utk perawatan kecantikan?

    ReplyDelete
  7. Beli dimana Ka yg extra olive oil yg kaya gini?

    ReplyDelete
  8. Saya malah dibeliin ortu dari mekkah yg ordinary virgin olive oil, masih bisa dipakai gak?

    ReplyDelete