[Quick Tips]: Baking Soda Bukan Hanya Untuk Membuat Kue

, , No Comments
Baking soda bukan hanya untuk membuat kue lo. Bagi Anda yang belum tahu, produk dengan nama lain Sodium Bicarbonate memiliki segudang kegunaan lain yang baik untuk kecantikan. Saya sudah mempraktekkannya dan harus saya bilang "I really, really love it". Pertama sebelum menggunakannya secara serius, pastikan Anda melakukan tes kecil apakah kulit Anda tidak alergi dengan baking Soda. Cukup oleskan di tangan dan tunggu beberapa saat. Jika tidak terjadi masalah, silahkan lanjut dipraktekkan tips berikut ini.
Ohh.. ya.. jangan tertukar dengan baking powder yah. Ini dua produk yang berbeda.

Ini adalah beberapa ritual perawatan yang saya lakukan dengan memanfaatkan baking soda. Enjoy!

1. Shampoo
Pernah mendengar No-poo project atau No-poo shampoo? Bagi yang belum tahu, ini adalah salah satu gerakan untuk tidak menggunakan shampoo karena berdampak buruk bagi rambut. Singkatnya, rambut kita menghasilkan minyak alami untuk menjaga kelembapannya. Penggunaan shampoo membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering (untuk itulah penggunaan shampoo selalu disertai conditioner). Rambut yang kering memaksa kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak sehingga rambut bisa jadi lepek dan berketombe. Ini membuat kita ketergantungan, karena kepala yang berminyak membuat kita menggunakan shampoo terus-menerus. Info lebih lanjut silahkan search no-poo shampoo/no-poo methode.

No-poo shampoo ini berarti kita mengganti shampoo dengan bahan lain yang membersihkan namun tidak mengeringkan rambut yaitu dengan baking soda. Caranya, 2 sendok teh baking soda dicampur dengan air lalu ditempatkan pada botol spray. Bahasi rambut lalu spray rambut dengan campuran baking soda dan didiamkan beberapa saat. Bilas rambut lalu gunakan conditioner menggunakan campuran air dan cuka apel. 
Saya sempat mempraktekkan metode ini dan sebenarnya saya suka, hanya saja Anda yang ingin mencoba harus cukup tahan karena awal-awal penggunaan rambut terasa gatal. Tapi dengan metode ini kita tidak perlu keramas terlalu sering. Awalnya saya keramas tiap hari, namun sejak menerapkan no-poo methode ini saya hanya keramas 3 hari sekali.

Akhir-akhir ini saya memodifikasi metode keramas saya. Bukan no-poo shampoo, tapi saya memanfaatkan campuran antara dr Bronner's Magic Soaps Pure Castile Soap dengan baking soda. Ini benar-benar efektif meskipun setelah keramas rambut terasa agak kering namun setelah itu minyak rambut akan melembabkan setiap helai dengan alami.

Baking soda untuk campuran shampoo.

2. Foot Soak
Coba Anda searching juga kata kunci "Listerine Foot Soak"! Ya, merk obat kumur ini bisa dimanfaatkan untuk merendam kaki dan menghasilkan kulit telapak kaki yang lebih lembut. Saya tidak menemukan penelitian ilmiahnya kenapa itu bisa terjadi, tapi saya sudah mencobanya. Bedanya, dari resep originalnya menggunakan Listerine dan cuka namun cuka saya ganti dengan baking soda. Cukup siapkan tempat rendaman kaki yang berisi air hangat. Tuang setidaknya 2 tutup botol Listerine (saya gunakan yang berwarna biru) dan 2 sendok makan baking soda. Rendam kaki selama 10 menit lalu gosok dengan batu apung.Yang saya rasakan kulit mati di telapak kaki lebih mudah dihilangkan dengan gosokan yang pelan saja.

Baking soda untuk pengganti cuka pada Listerine Foot Soak.
3. Tooth Bleaching
Baking soda juga dikenal sebagai pemutih yang ampuh. Untuk itulah beberapa produsen pasta gigi sudah menambahkan kandungan baking soda didalamnya untuk efek memutihkan. Saya juga biasanya menggosokkan sedikit baking soda setelah menggosok gigi biasa. Namun ini tidak dilakukan terlalu sering karena takut efek samping yang berbahaya. Cukup 2x saja dalam seminggu, warna gigi akan semakin meningkat.

Memutihkan gigi dengan baking soda.
4. Facial Scrub
Baking soda juga merupakan ekspoliator yang baik. Tinggal tambahkan sedikit saja baking soda pada facial wash Anda dan gosokkan di wajah. Wajah akan terasa lebih lembut karena baking soda mampu mengangkat sel kulit mati dengan baik.

5. Membersihkan Alat Makeup
Nah.. ini yang terakhir biasanya saya lakukan. Alat makeup Anda harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu. Biasanya saya akan merendam kuas dan sponge makeup dalam rendaman air hangat dengan baking soda terlebih dahulu karena baking soda memiliki daya membersihkan yang luar biasa. Setelah sekitar 20 menit baru dicuci dengan sedikit baby soap dengan kandungan yang ringan. Kuas dan sponge tinggal diangin-anginkan dan siap digunakan kembali.

Membersihkan alat makeup dengan rendaman baking soda dan baby soap.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat baking soda bagi kecantikan. Lima review ini hanya yang memang rutin saya lakukan. Anda juga bisa bereksperimen untuk hal-hal lain dan share ke kita semua.

Disclaimer: review merupakan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk. Hasil dapat berbeda-beda pada tiap orang.

0 komentar:

Post a Comment